Pages

Tuesday, March 22, 2011

Banjir Lahar Dingin Merapi Menerjang, 117 Warga Mengungsi

Banjir Lahar Dingin Merapi Menerjang, 117 Warga Mengungsi


Magelang - Akibat guyuran hujan di puncak Gunung Merapi, banjir lahar dingin kembali menerjang daerah di sekitar Kali Putih, Magelang. Sebanyak 117 Warga harus mengungsi dari rumahnya. Mereka menambah daftar ratusan orang yang telah mengungsi sebelumnya.

117 warga tersebut berasal dari dusun Krapyak, Desa Sirahan, Kecamatan Sirahan. Mereka diungsikan ke Dusun Gajahan, Desa Gulon, Kecamatan Salam yang relatif lebih aman.

"Kami khawatir kalau-kalau banjir lahar dingin yang menerjang menjadi besar dan bernasib sama seperti di Sirahan yang rumahnya rata-rata tenggelam," ujar salah seorang pengungsi dari Dusun Krapyak, Suryati, kepada detikcom, Selasa (22/3/2011).

Pantauan detikcom, dari Pos Pengamatan Merapi di Ngepos, Srumbung, banjir lahar dingin terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Petugas kemudian menyampaikan laporan kepada Tim SAR untuk menutup jalan Magelang-Yogyakarta.

"Penutupan hanya selama 30 menit karena banjir relatif kecil. Setelah dibuka rekan-rekan tim SAR langsung melakukan proses pertolongan kepada warga," kata salah seorang relawan tim SAR Kabupaten Magelang, Achadi (43).

Selain 117 pengungsi ini, terdapat juga ratusan pengungsi lain di lokasi pengungsian Desa Tanjung Kecamatan Muntilan. Mereka telah mengungsi selama tiga bulan.

"Kami tidak berharap apa-apa kepada pemerintah. Yang pasti kami sangat khawatir dengan keamanan kampung kami, sebab tidak ada patroli polisi. Relawan pun sudah menarik diri dari desa kami sehingga sangat riskan dan rawan aksi pencurian," keluh seorang pengungsi dari Dusun Salakan, Desa Sirahan, Kristianto (30).

Banjir lahar dingin tidak hanya menenggelamkan rumah tetapi juga sawah sekitar 25 hektar beserta tanamannya. Tanaman tersebut berupa jagung, cabe dan padi yang sebenarnya seminggu lagi sudah siap untuk dipanen.

sumber : detik.com

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About